Tuesday, 26 October 2021

Cita-Cita Luhur Menghadirkan Pelayanan Kesehatan Secara Paripurna di Provinsi Maluku

Cita-Cita Luhur Menghadirkan Pelayanan Kesehatan Secara Paripurna di Provinsi Maluku

Ambon, Media Center Maluku РMeluruskan berita yang pernah dilansir salah satu media lokal terkait penghentian sementara pembangunan OK sentral dan unit rawat Intensive di Rumah Sakit Provinsi Maluku, Direktur RSUD Dr. M. Haulussy, dr. Tini Pawa, M.Kes angkat bicara.

Ia menerangkan bahwa penghentian sementara, tak lain adalah terkait anggaran yang tersedia lebih efisien memenuhi manfaat lebih dan menjawab kebutuhan lengkap dari harapan masyarakat Maluku dalam disparitas pelayanan RSUD Dr. M. Haulussy bersama RSUP dr. J. Leimena dan swasta lain di Maluku untuk sejajar dengan Provinsi lain.

“Pembangunan dan rehab gedung dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Provinsi Maluku harus tepat sasaran baik secara konsep kelayakan tata ruang maupun kegunaan dan manfaat menuju pemerataan pelayanan kesehatan lanjutan yang memiliki keunggulan lain seperti pusat pelayanan bedah sentral dan pusat perawatan intensive ibu hamil, bayi baru lahir, anak dan dewasa berbasis teknologi tepat guna serta mendukung RSUD Dr. M. Haulussy sebagai rumah sakit utama pendidikan dan penelitian klinis bersama Fakultas Kedokteran Unpatti di Provinsi Maluku”, ujarnya.

Penghentian pembangunan dan rehab gedung di RSUD Dr. M. Haulussy Tipe B milik Pemerintah Provinsi Maluku yang berada di wilayah Kota Ambon, lanjutnya adalah guna mempersiapkan kemampuan pemerataan pelayanan kesehatan yang memenuhi kebutuhan dan didukung manajemen yang baik, jujur, disiplin juga inovatif serta menjawab kebutuhan masyarakat dengan ketersediaan DAK. Untuk itu, berikan kesempatan manajemen RSUD Dr. M. Haulussy meresponi kebutuhan masyarakat Maluku dengan baik dan benar.

Meski menjadi isu hangat terkait adanya Pemikiran RSUD baru di jazirah Leihitu yang merupakan sebuah harapan terwujudnya peradaban pelayanan kesehatan sebagai pemikiran strategi Pemerintah Provinsi Maluku terkait unggulan pelayanan kesehatan yang belum tersedia misalnya sebagai RS Pusat Pernapasan, RS Pusat Otak Jantung dan Vaskuler, RS Pusat Pelayanan Gigi, Pusat Kesehatan Kulit dan Estetika, namun semua ini harus dilakukan berdasarkan perencanaan yang baik, komprehensif dan tentu ketersediaan dana pemerintah daerah dan pusat.

Pawa mengakui cita-cita luhur dan semangat serta kerja keras semua pihak terkait, tentu dibutuhkan demi terwujudnya kemajuan dunia kesehatan dalam kerangka konsep yang sempurna (blueprint) dan menjadi satu tanggung jawab bersama Pemerintah Provinsi Maluku, masyarakat dan keterlibatan anak-anak Maluku untuk bersatu bersama membangun pelayanan kesehatan yang merata di Provinsi Maluku dan Indonesia Timur.

“Jadi kunci dari terwujudnya cita-cita luhur pembangunan kesehatan yang mudah terjangkau, merata dan murah adalah bukti nyata keseriusan Pemerintah Provinsi Maluku dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang paripurna serta perlunya kolaborasi yang utuh dengan semua pihak,” tandasnya sembari menambahkan bahwa berbagai perbedaan pendapat yang lahir justru kita semua bisa bersatu mengedepankan nilai-nilai baik, guna membangun pelayanan kesehatan yang lengkap yang akan menciptakan generasi mandiri dan mampu bersaing yang akan diwariskan kepada generasi saat ini bahkan untuk anak cucu di negeri Maluku, negeri Raja-Raja Orang Basudara. (kominfomaluku)

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

Alamat : Jln. Pattimura No. 1
Telepon : 0911-343424
Email : kominfo@malukuprov.go.id

LOKASI

COPYRIGHT © 2021 - PEMERINTAH PROVINSI MALUKU

VERSI 2.1

Content Website Terproteksi !