Tuesday, 29 November 2022

Gubernur Beri Apresiasi Kunker Ketua Umum TP-PKK Pusat, Widya: Langkah Nyata Optimalisasi 10 Program PKK Dukung Program Pemda

Gubernur Beri Apresiasi Kunker Ketua Umum TP-PKK Pusat, Widya: Langkah Nyata Optimalisasi 10 Program PKK Dukung Program Pemda

Ambon, Media Center Maluku – Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja di Ambon, Provinsi Maluku dan membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Teknis untuk Kader PKK serta memberikan 1000 paket bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan di Kota Ambon, Kamis (10/11/2022).

Kedatangan Ketua Umum TP PKK Pusat tersebut dijemput langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Penjabat Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, Forkopimda Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Ketua Organisasi Wanita di Provinsi Maluku, Ketua TP-PKK Se-Provinsi Maluku, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan unsur terkait.

Agenda kunjungan Ketua Umum TP-PKK tersebut merupakan agenda Kerjasama antara TP-PKK Pusat dengan Kementerian Dalam negeri.

Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam upaya mengimplementasikan sinergitas kebijakan dan program TP-PKK Pusat dan Daerah, yang diharapkan dapat menjadi Langkah nyata sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan 10 program pokok PKK untuk mendukung program prioritas pemerintah.

Untuk diketahui, kegiatan Kunker Ketua TP PKK dan rombongan akan berlangsung selama 2 hari yang meliputi 5 Kecamatan yang tersebar di Kota Ambon.

Dalam sambutannya, Widya mengucapkan Selamat datang kepada Ketua Umum TP-PKK Pusat Ibu Tri Tito Karnavian dan rombongan yang memilih Maluku sebagai lokasi kunjungan kerja.

“Kami sangat senang ibu, karena baru kali ini dalam sejarah, kami TP-PKK Provinsi Maluku bisa dikunjungi oleh Ibu Ketua Umum TP-PKK Pusat, dan kami senang bisa langsung bersama-sama untuk mengadakan kegiatan-kegiatan di Kota Ambon ini, serta terimakasih juga karena ibu beserta dengan rombongan dari Jakarta membawa bantuan kepada kami di Ambon” ujar Widya.

Perlu diketahui, adapun tujuan Pelaksanaan Kunker meliputi Fasilitasi dan sosialisasi penguatan program PKK berdasarkan rencana induk Gerakan PKK, Pelatihan Teknis, Berbagai program terkait dengan program kerja TP-PKK Pusat, pemenuhan prasarana, dan Pemberian bantuan pemerintah untuk 1000 paket bantuan bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan dan memerlukan, beber Widya.

Dikatakan demikian, karena Maluku adalah salah satu provinsi kepulauan yang terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota, dengan jumlah pulau sebanyak 1340 pulau dengan luas wilayah yang didominasi oleh laut yaitu kurang lebih 92,4% dan daratan sekitar 7,6%.

Kondisi ini, lanjut Widya memungkinkan Maluku kaya akan sumber daya alam yang berasal dari laut, dan juga kaya akan pangan lokal yang terdiri dari sagu dan umbi-umbian, bukan itu saja Maluku juga terkenal sebagai provinsi penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala, yang sangat berkualitas tinggi.

Untuk itu, TP- PKK Provinsi Maluku sebagai mitra pemerintah daerah ikut mendukung berbagai program pembangunan seperti, penurunan prevelansi stunting, menurunkan angka kematian ibu dan anak lewat revitalisasi posyandu, dan memerangi buta aksara lewat literasi anak usia sekolah.

Berbagai kegiatan inovatif juga dilakukan oleh TP-PKK Kabupaten Kota, seperti melakukan revitalisasi kelompok dasa wisma, bursa inovasi desa yang memulai perubahan di desa lewat PKK, dan berbagai inovasi lainnya, jelasnya.

Adanya tuntutan era globalisasi, lanjut Widya, persaingan yang semakin kompetitif, pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berkembang pesat, mengharuskan kita untuk meningkatkan kontrol pada anak-anak kita dan keluarga, sehingga ancaman salah pergaulan dapat diantisipasi.

Widya berharap dengan Kondisi wilayah geografis maluku membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas, sehingga pelayanan PKK dapat dirasakan hingga di pelosok negeri.

“Kami yakin dan percaya TP-PKK Provinsi Maluku dan Kabupaten/kota tidak berjuang sendiri, dan kedatangan Ketua Umum TP PKK Pusat dan rombongan akan menjadikan penyemangat dan motivasi bagi kami untuk terus bekerja dan bermitra dengan berbagai komponen masyarakat lainnya, sehingga mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan keluarga di Provinsi Maluku.

Sementara itu, Gubernur Maluku Irjen. Pol. Purn. Drs. Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali IE, M.Si., IPU mengatakan Gubernur Maluku mengucapkan selamat datang dan penghargaan yang tinggi kepada Ketum yang berkenan berkunjung di kota Ambon Provinsi Maluku.

Diharapkan kunjungan ini dapat mempererat hubungan silaturahim dan Kerjasama antara TP PKK Pusat Provinsi dan Kabupaten Kota, sekaligus sebagai momentum strategi dalam menopang program pembangunan baik pusat maupun daerah khususnya dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Dirinya mengucapkan terima kasih, lanjut Sadali karena dalam kunjungan hari ini akan menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada, para lansia, balita, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan bantuan mesin pemantapan sabut kelapa kepada TP PKK Kabupaten Kota se-Maluku, bagi upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Provinsi Maluku.

Sadali juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah sangat memberikan apresiasi atas Kunjungan Kerja Ketum TP-PKK Pusat di Provinsi Maluku.

Bukan itu saja, lewat Kunker ini dapat mempererat hubungan silaturahmi dan Kerjasama atara TP PKK Pusat, Provinsi serta Kabupaten/Kota sekaligus sebagai momentum strategi dalam menopang program pembangunan baik pusat maupun daerah khususnya dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Saya berharap kunjungan Ketua Umum Tim Penggerak PKK ini, dapat memberikan motivasi kepada TP PKK provinsi maupun kabupaten/kota, untuk bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja tuntas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat “, jelas Sadali.

“Untuk itu, bersama-sama kita lakukan upaya-upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat khususnya peran perempuan melalui implementasi 10 program pokok PKK bagi kepentingan kesejahteraan keluarga dan masyarakat”, pinta Sadali. (Diskominfo Promal)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

Alamat : Jln. Pattimura No. 1
Telepon : 0911-343424
Email : kominfo@malukuprov.go.id

LOKASI

COPYRIGHT © 2021 - PEMERINTAH PROVINSI MALUKU

VERSI 2.1

Content Website Terproteksi !