Gubernur Maluku Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI di Provinsi Maluku

WhatsApp Image 2022-10-06 at 16.42.14 (1)

Ambon, Media Center Maluku – Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail, memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI Tahun 2022, di lapangan upacara Markas Komando Lantamal IX Ambon, Rabu (5/10/022). Pada upacara tersebut, Gubernur bertindak selaku Inspektur Upacara.

Bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Marinir Rowin Zumy Sinarmata yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal IX Ambon, dan Perwira Upacara Letkol Inf Syamsul, yang menjabat Pabandya Sahlur Spersdam XVI/Pattimura. Adapun tema dari pelaksanaan Hut TNI Ke-77 ini “Tni Adalah Kita”.

Gubernur Maluku dalam amanatnya menyampaikan, berdasarkan hasil beberapa lembaga survei di Indonesia, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari publik. Oleh karenanya, Gubernur mengimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalui menjaga kepercayaan masyarakat dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI.

Dalam upacara tersebut, tiga perwakilan dari TNI AD, AL dan AU mengucapkan Sapta Marga Inspektur Upacara, kemudian menyerahkan tanda kehormatan kepada perwakilan TNI AD – Kapten Inf Amirudin, TNI AL – Serda Mus Ilham Pribadi dan TNI – AU Praka Pieter Yanson Faudubun.

Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa dalam amanatnya yang dibacakan Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, TNI di usia ke-77 kini telah mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

Hal ini berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei dimana TNI mendapat kepercayaan tertinggi berdasarkan Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publiksebesar 93,2 persen.

Panglima menerangkan, hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkatkepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen. Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5 persen.

“Oleh karenanya, Saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjagakepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI,” terang Panglima mengakhiri sambutannya.

Turut hadir dalam upacara, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI Marn Said Latuconsina, Kasdam XVI Pattimura, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea dan Forkopimda lainnya, kabinda Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonang, Wakajati Maluku Agoes SP rektor Unpatti MJ Sapteno, penjabat walikota Ambon dan forkopimda Kota Ambon, pejabat instansi lainnya, tokoh agama, pimpinan BUMN dan perbankan. (*)

Views: 13
Skip to content