Wednesday, 3 March 2021

KPCPEN Gandeng Diskominfo Maluku Gelar Webinar Vaksin Aman

KPCPEN Gandeng Diskominfo Maluku Gelar Webinar Vaksin Aman

AMBON – Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah menggelar acara webinar secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan streaming Youtube dengan tema “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat”. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Dinas Komunikasi dan Informatika Maluku dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Kegiatan yang dilakukan pada Rabu (25/11/2020) dimoderatori oleh David S. Katayane, S.E., M.Si dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu Drs. Semuel Huwae, M.H selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku dan Daud Samal, S.KM selaku Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Dalam webinar tersebut, Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Daud Samal menyampaikan beberapa hal yang perlu untuk diketahui antara lain tentang pentingnya program imunisasi dan Covid-19 di mana dijelaskan bahwa imunisasi sangat penting dan tidak boleh berhenti di masa pandemi guna untuk menambah kekebalan tubuh dalam menghadapi virus yang ada sekarang ini.

Dilanjutkan dengan Kadis Kominfo Provinsi Maluku, Semuel Huwae yang mengangkat pembahasan tentang Peranan Diskominfo dalam penyebaran informasi vaksin aman. Ada beberapa peranan Diskominfo antara lain membangun kesadaran masyarakat sehingga dapat memanfaatkan media sosial secara bertanggung jawab dengan konten-konten positif, secara aktif memantau dan melakukan upaya penindakan atas peredaran konten hoax di internet, melibatkan semua lapisan masyarakat untuk bahu-membahu bersama pemerintah menyebarkan informasi positif melalui saluran komunikasi yang ada. Selain itu, Ia juga menyinggung tentang apa itu hoax dan bagaimana selaku masyarakat dapat menyikapinya.

Kemudian, adapun hambatan dan tantangan yang beliau kemukakan, antara lain : banyaknya mitos dan hoax terkait vaksin yang sering muncul di ruang-ruang digital seperti media sosial, memunculkan keraguan terhadap vaksin yang meningkat akibat informasi yang salah dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, terlebih lagi berdasarkan survei nasional Kementerian Kesehatan, yang memperlihatkan tingkat penerimaan Vaksin Covid-19 di Maluku paling terendah.

Akhir dari webinar yang diselenggarakan ini, pihak penyelenggara mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat menyadari dan menerima akan pentingnya vaksin, serta bijak dalam menyeleksi informasi yang beredar agar tidak membentuk opini yang dapat menimbulkan hoax. (*)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

  • Jalan Pattimura No 1
  • Telepon : 0911-343424
  • Email : diskominfo@malukuprov.go.id 

LOKASI

KIRIM PESAN

COPYRIGHT © 2020 DISKOMINFO PROVINSI MALUKU

error: Content is protected !!