Pemprov Maluku Gelar Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2021

harganas2021

Ambon, Media Center – Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) setiap tahunnya yang jatuh pada 29 Juni , diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku pada Rabu, (30/6/2021) di Kantor BKKBN Maluku, Negeri Lama Ambon.

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Renta Rego, yang turut diikuti oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Rektor Universitas Pattimura M.J.Saptenno, Perwakilan Kodam XVI/Pattimura, Perwakilan Kanwil Agama Provinsi Maluku, dan unsur terkait.

Renta Rego dalam laporannya menyampaikan, dalam Perayaan Harganas ini diusung tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”, dengan tujuan peringatan HARGANAS untuk mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting, meningkatkan peran stakeholder, tokoh masyarakat dan keluarga dalam pembanguan keluarga, meningkatkan kinerja pengelola petugas Bangga Kencana dalam meningkatkan program Bangga Kencana, serta meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam pencegahan stunting.

Selain itu dalam sambutannya Orno menyampaikan bahwa, dalam penanganan stunting keluarga menjadi komponen utama dalam pencegahan dan penanggulangannya, dimana keluarga sebagai pencetak generasi penerus, harus dapat memastikan bahwa anak yang berada dalam keluarga terhindar dari stunting dan memiliki kualitas hidup yang baik, dengan kata lain kualitas generasi di masa yang akan datang ditentukan oleh kualitas keluarganya di saat ini.

Ditempat yang sama Ketua TP-PKK Provinsi Maluku menyampaikan, dari keluargalah kekuatan pembangunan dari suatu bangsa akan muncul. Ia akan tetap mengawal pembangunan daerah dengan bersandar pada kekuatan keluarga.

Oleh karena itu, Widya mengajak semua yang hadir pada kesempatan tersebut agar dapat membentuk keluarga sebagai lingkungan yang nyaman dan aman untuk membina, membimbing dan membentuk anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan budaya dimana ia berada, untuk menciptakan generasi yang unggul dan berkualitas, serta mencapai kehidupan yang mandiri, tentram dan bahagia.

Dilansir dari buku Panduan Hari Keluarga Nasional (2021) Peringatan HARGANAS adalah momen untuk merefleksikan pentingnya institusi terkecil dalam suatu masyarakat, yaitu keluarga. Generasi penerus bangsa akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di setiap daerah di Indonesia. Karena itulah mereka harus tumbuh dalam keadaan sehat, cerdas, kreatif dan produktif. (*)

 

Views: 3
Skip to content