Wednesday, 3 March 2021

Pemprov Maluku Terima Penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara

Pemprov Maluku Terima Penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara

Depok – Pemerintah Provinsi Maluku termasuk di antara tiga daerah yang menerima penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara sebagai salah satu instansi pemerintah daerah yang memiliki Sistem Informasi Terbaik Tahun 2020. Selain Pemprov Maluku, yang menerima penghargaan yang sama adalah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada tiga instansi pemerintah pusat yaitu Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penganugerahan diberikan oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Maluku, Drs. Semuel E. Huwae, MH di Auditorium Kantor BSSN, Kota Depok, Jawa Barat. Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi bagi Pemprov Maluku yang telah berkontribusi dalam pengelolaan sistem informasi dan pengamanan informasi sektor pemerintah dari ancaman serangan siber.

Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak kepada Kepala Diskominfo Maluku,  Drs. Semuel E. Huwae, MH di Auditorium Kantor BSSN Depok Jawa Barat Senin, 9 November 2020

Dalam sambutan Kepala BSSN yang dibacakan oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak, dikatakan bahwa keamanan siber menjadi isu strategis di berbagai negara, termasuk Indonesia, seiring dengan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan pada Agustus 2020 lalu menyampaikan bahwa Indonesia harus siaga menghadapi ancaman kejahatan siber, termasuk kejahatan penyalahgunaan data. Indonesia juga harus siap dan tanggap untuk menghadapi perang siber.

Seluruh pemangku kepentingan di sektor pemerintah diharapkan dapat bersinergi dalam meningkatkan maturitas keamanan siber dan keamanan sistem. Untuk itu, Syahrul Mubarak mengharapkan dengan adanya pemberian penghargaan ini menjadi dorongan semangat bagi instansi penerima untuk meningkatkan capaian pengelolaan sistem informasi di instansinya. “Tentu hal ini juga menjadi contoh dan motivasi serta dapat ditiru oleh instansi pemerintahan lainnya dalam pengelolaan sistem informasinya,” ujarnya.

Terdapat beberapa kriteria penilaian dalam pemberian penghargaan kepada Instansi dengan Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Terbaik Sektor Pemerintah Tahun 2020. Kriteria tersebut antara lain profil risiko sistem, jumlah sistem yang di-assessment, tingkat responsif, dan tingkat inovasi penyampaian rentan keamanan siber. (*)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

  • Jalan Pattimura No 1
  • Telepon : 0911-343424
  • Email : diskominfo@malukuprov.go.id 

LOKASI

KIRIM PESAN

COPYRIGHT © 2020 DISKOMINFO PROVINSI MALUKU

error: Content is protected !!