Saturday, 15 May 2021

Penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon III dan IV Tahun 2021 Lingkup Dinas Kominfo Provinsi Maluku

Penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon III dan IV Tahun 2021 Lingkup Dinas Kominfo Provinsi Maluku

Ambon, Media Center  – Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah (Karo Ortala Setda) Maluku, Titus Renwarin hadir dalam agenda pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Pejabat Eselon III dan Pejabat Eselon IV lingkup Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Maluku (Diskominfo Promal), bertempat di aula Dinas Kominfo, Rabu (17/02/2021).

Turut hadir dalam pelaksanaan agenda tersebut adalah Kepala Diskominfo Promal Semuel Estefanus Huwae, Kepala Bagian Pengamanan Kinerja Biro Ortala Setda Maluku M. Sukur Ascl, dan para pejabat eselon III, IV serta seluruh staf Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Diskominfo Promal Maluku.

Renwarin dalam sambutannya mengatakan bawah Perjanjian Kinerja (PK) bukan sekedar seremoni, akan tetapi dengan PK ini maka para pemangku jabatan dan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Diskominfo Maluku akan memahami apa yang menjadi ruang lingkup tugas dan pekerjaannya serta berkomitmen kepada atasannya untuk dapat melaksanakan perjanjian tersebut.

“Pelaksanaan PK sebenarnya merupakan wujud nyata komitmen antara penerima dan pemberi amanah guna meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerja Aparatur” tutur Renwarin.

Selanjutnya sebagai informasi kepada semua ASN Diskominfo Maluku, Renwarin menyampaikan bahwa hasil evaluasi survei yang pernah dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) maka posisi integritas jabatan di Provinsi Maluku tahun 2019 adalah  70,83% ASN tidak memahami tugas pokok dan tupoksi dalam kinerjanya, 20% ASN mengetahui tupoksi tapi tidak tahu sasaran, dan hanya 4,17%  ASN yang dapat memahami tugas dan memahami sasaran.

“Saya berpikir bahwa dengan mengetahui hasil seperti ini maka telah cukup membuktikan bagi kita semua bahwa perlu adanya penandatanganan PK  dan disaksikan di hadapan publik seperti yang pernah dilakukan Bapak Gubernur dalam PK bulan Januari agar menjadi bukti akuntabilitas bahwa saya naik sebagai Eselon II saya siap untuk mewujudkan, dengan demikian ini juga menjadi bahan evaluasi tersendiri bagi Bapak Gubernur bahwa ke depan sasarannya seng tercapai beta kasih ganti saja”. Tutur Renwarin.

Renwarin berharap bahwa dengan adanya PK maka ASN lingkup dinas kominfo Maluku bisa memahami tugas pokok dan fungsi secara hirarki, dimana kadis ditingkat esalon merupakan penangung jawab program keseluruan, maka Eselon III adalah penanggung jawab kegiatan, sementara Eselon  IV adalah penangung jawab dari sub sub kegiatan tersebut.

Selanjutnya di kesempatan berikut, Kadis Kominfo Promal dalam arahannya menyampaikan bawhwa kinerja itu tidak akan produktif dan grafiknya tidak akan naik maka sebetulnya kita telah berdosa, karena itu kehadiran ini telah menggugah kita, menyemangati kita, dan  memberi inspirasi baru kepada kita untuk bekerja, bahwa kinerja itu adalah alat ukur dari sebuah kemampuan usaha dan seluruh kedudukan posisi kita dalam tanggung jawab kita.

Lebih lanjut Huwae mengatakan bahwa terlepas dari penandatanganan PK, bahwa dengan kehadiran Karo dan Kabid Ortala Setda Maluku sedang menantang kita untuk bisa menciptakan kinerja yang lebih baik lagi ke depan, kinerja bisa diukur dan kinerja bisa bernilai. Kalau kinerja itu ukurannya iman maka sebetulnya kita ditantang oleh orang-orang yang terpanggil dari iman kita untuk bekerja.

 

“Mari saudara saudara kita bekerja dengan proses yang tangguh, panduan rumusan yang jelas serta pengawasan yang baik dari atas sampai ke bawah, mari kita buktikan bahwa kinerja kita masih di dinas ini, dan mari kita membiasakan diri bekerja bukan karena ada pimpinan tapi tanpa pimpinan pun kita bekerja.” ajak Huwae.

Akhir dari agenda penandatanganan PK Lingkup Diskominfo Maluku ini ditutup dengan foto bersama Pejabat Eselon II,  Eselon III, dan Eselon IV. (vpa/mcmaluku).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

Alamat : Jln. Pattimura No. 1
Telepon : 0911-343424
Email : kominfo@malukuprov.go.id

LOKASI

COPYRIGHT © 2021 - PEMERINTAH PROVINSI MALUKU

VERSI 2.1

You cannot copy content of this page