MEDIA CENTER - PEMERINTAH PROVINSI MALUKU

Sempat Ditutup, 10 Mei 2020 Akses Transportasi Dibuka Kembali

Sempat Ditutup, 10 Mei 2020 Akses Transportasi Dibuka Kembali

Ambon, Menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat untuk membuka kembali lalu lintas perhubungan baik laut, darat maupun udara, membuat Pemerintah Provinsi Maluku mengambil langkah-langkah mengantisipasi masuknya orang ke Maluku.

Guna mengantisipasi arus kedatangan orang, Pemerintah Provinsi Maluku telah melakukan rapat, Kamis (7/5/2020) dengan beberapa instansi terkait seperti PT. Angkasa Pura I, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Lanud Pattimura, Lantamal IX Ambon, Kodam XVI Pattimura dan pihak-pihak lainnya guna mengatur kebijakan terkait hal tersebut.

Sekda Provinsi Maluku yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengungkapkan Untuk provinsi Maluku sendiri pelayanan perhubungan komersial akan dimulai pada tanggal 10 Mei 2020.

“Jadi nanti pada tanggal 10 Mei 2020 ini, sudah ada perhubungan komersil dari dan ke Ambon. Kita di Maluku tentunya mengikuti saja, karena ini adalah kebijakan nasional yang adalah penjabaran dari Permenhub Nomor 25 Tahun 2020” tutur Selang.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Daniel Pasodung menyatakan untuk transportasi udara, pelaksanaannya tetap mengacu pada aturan yang telah ditetapkan. “Penumpang Penerbangan komersial harus sesuai pedoman perjalanan udara, dengan dilengkapi berbagai dokumen termasuk hasil tes bebas Covid-19” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Randy yang mewakili PT. Angkasa Pura I menyatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa maskapai penerbangan terkait rencana beroperasinya kembali moda transportasi udara. “Maskapai yang sudah konformasi antara lain Garuda, Lion Air, Batik Air dan ada juga 3 pesawat Wings Air untuk tujuan Saumlaki, Langgur, dan Dobo” tutur Randy.

Rapat tersebut juga melibatkan Dinas Pariwisata Kota Ambon dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), guna membicarakan mengenai bagaimana penanganan tamu yang nantinya akan menginap di hotel.

Rapat ditutup seusai membicarakan mekanisme penanganan bagi pelaku perjalanan agar sesuai protokol kesehatan. “Untuk mereka yang akan melakukan perjalanan mulai tanggal 10 Mei 2020 nanti, tentunya harus memenuhi syarat-syarat seperti minimal ada hasil Rapid Test dengan hasil negatif atau sehat, melakukan perjalanan dalam rangka dinas atau tugas dan bisnis, serta harus ada surat tugas,” tutup Selang. (kominfomaluku)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

  • Jalan Pattimura No 1
  • Telepon : 0911-343424
  • Email : diskominfo@malukuprov.go.id 

LOKASI

KIRIM PESAN

COPYRIGHT © 2020 DISKOMINFO PROVINSI MALUKU

error: Content is protected !!