Saturday, 15 May 2021

Untuk Tahun 2021 Maluku Telah Terjadi 722 Kali Gempa Bumi

Untuk Tahun 2021 Maluku Telah Terjadi 722 Kali Gempa Bumi

Ambon, Media Center – Kondisi kedudukan Maluku yang berpotensi terjadi bencana alam harus menjadi perhatian masyarakat agar lebih siap dan terus berwaspada khususnya untuk daerah pesisir pantai apabila nantinya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal ini dapat dibuktikan dengan gempa bumi yang masih terus terjadi di daerah maluku. Berdasarkan pantauan Stasiun Badan Meteorologi dan Geofisika kota Ambon kembali melaporkan bahwa telah terjadi beberapa kali gempa bumi yang terjadi di maluku per 21 April 2021.

Gempa bumi ini terjadi di sejumlah titik yaitu di Laut Banda bagian selatan dengan Air Buaya Kabupaten Buru, ucap Andi Azhar Rusdin selaku Koordinator Bidang Data Dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Ambon.

Dirinya menjelaskan masing-masing titik gempa tersebut terjadi di pagi tadi yakni pukul 07.54 WIT dan 08.49 WIT dengan magnitudo 3.3 SR yang terjadi di Laut Banda Selatan dan magnitudo 2.7 yang terjadi di Air Buaya.

Dari dua catatan gempa bumi yang terjadi, BMKG terus melakukan pemantauan terhadap kondisi geologis Maluku hingga 21 April 2021 pukul 11.00 WIT. Total gempa yang terjadi di wilayah Maluku berjumlah 722 kali dan yang dapat dirasakan oleh masyarakat adalah sebanyak 23 kali.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat di wilayah terdampak maupun sekitarnya agar lebih berhati-hati dan tetap waspada karena wilayah Maluku adalah wilayah yang aktif secara tektonik. Hal ini terjadi karena adanya hubungan antara tumbukan lempeng dengan sesar-sesar aktif yang ada di darat dan di laut.

Serta dirinya juga berharap agar masyarakat agar tenang dan tidak panik apabila terjadi gempa bumi susulan amankan diri di tempat yang lebih aman. Apabila gempa tersebut melebihi 10 SR maka masyarakat dapat mengevakuasi diri dari sekitar pantai ke dataran tinggi dan dirinya juga menambahkan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum tentu kebenarannya selain informasi dari BMKG maupun BPBD setempat. (TLM)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

Alamat : Jln. Pattimura No. 1
Telepon : 0911-343424
Email : kominfo@malukuprov.go.id

LOKASI

COPYRIGHT © 2021 - PEMERINTAH PROVINSI MALUKU

VERSI 2.1

You cannot copy content of this page