Tuesday, 29 November 2022

Wakil Gubernur Maluku Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Gereja Lahai Roi

Wakil Gubernur Maluku Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Gereja Lahai Roi

Ambon, Media Center – Fokus pembangunan mental spritual masyarakat Maluku terus menjadi perhatian serius. Hal ini terbukti ketika Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Gereja “Lahai Roi” Jemaat GPM Souhuru Klasis Pulau Ambon Utara, Minggu (30/05/2021) bertempat di desa Hative Besar – Ambon. Wagub berharap akta peletakan batu pertama harusnya dilihat sebagai momentum bergerejawi yang sarat nilai.

“Jadi Pemerintah Provinsi Maluku memandang, upaya peningkatan kualitas pelayanan, dalam menatalayani Jemaat senantiasa dilakukan oleh pihak Gereja, sebagai bagian dari tanggung jawab pelayanannya terhadap umat manusia. Dengan demikian, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja “Lahai Roi” ini, merupakan sebuah janji iman dari seluruh pelayan dan warga jemaat GPM Soahuru, untuk tetap setia dan taat terhadap panggilan dan pelayanan kepada Tuhan, serta pelayanan terhadap sesama.” Hal itu disampaikan Barnabas Orno, saat membacakan sambutan Gubernur Maluku pada kesempatan tersebut.

Orno meminta agar, “pembangunan Gedung Gereja ini bukanlah yang utama, tetapi yang terutama adalah bagaimana kita membangun jemaat itu sendiri. Oleh sebab itu dibutuhkan komitmen dalam diri kita semua, untuk membentuk karakter hidup berjemaat yang lebih dewasa, agar jemaat ini dapat bertumbuh menjadi lilin-lilin kecil, yang dapat menerangi setiap hati yang penuh dengan kegelapan.”

Ia juga menyampaikan, “Pemerintah Provinsi Maluku, mengapresiasi dan menaruh harapan besar kepada pihak Gereja Protestan Maluku, beserta seluruh aktivitas pelayanannya, dalam menunjang pembangunan masyarakat di Maluku.”

Mengakhiri sambutannya, Wagub mengatakan “Strategi pengembangan umat kristiani yang dilaksanakan oleh pihak gereja, hendaknya dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Maluku.”

Sementara itu disampaikan dalam Laporan Panitia Pembangunan Gereja “Lahai Roi” Jemaat GPM Souhuru Nicolas Lilipaly bahwa, Gereja ini dibangun dengan ukuran panjang 33 meter dan lebar 26 meter, dengan konstruksi besi baja, dan membutuhkan anggaran sebesar Rp. 5.849.040.000,-.

Prosesi Peletakan Batu Pertama tersebut diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Wakil Ketua II MPH Sinode GPM Pdt. I.H.Hetharie.

Turut hadir dalam acara itu Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Asisten II Setda Maluku Meggy Samson, Rektor Universitas Pattimura M.J.Saptenno, Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisuta, Seketaris Kota Ambon A.G.Latuheru, Perwakilan Pangdam XVI/Pattimura Kolonel Hasto, Perwakilan Kanwil Agama Provinsi Maluku M. Yasir, Dandim 1504 Ambon Kol. Inf. Dominggus Soumokil, Raja Wakal Bp. Ahja Suneth, Raja Hative Besar Hazan Ulat, Pejabat Negeri Haria Marta Manuhutu, Anggota DPRD Provinsi Maluku Anos Yermias, beserta dengan unsur terkait.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

Alamat : Jln. Pattimura No. 1
Telepon : 0911-343424
Email : kominfo@malukuprov.go.id

LOKASI

COPYRIGHT © 2021 - PEMERINTAH PROVINSI MALUKU

VERSI 2.1

Content Website Terproteksi !